Bekerja dengan Holland America Line sangat unik, karena kebanyakan crew yang ada di kapal berasal dari Indonesia. Dua departemen besar, Housekeeping dan FB ( dining room ), semua dari Indonesia. Sebagian lainnya dari Pilipina, Amerika, Inggris, Australia, dan beberapa negara Eropa lainnya. Dan terahir India mulai masuk.
Di perusahaan kapal pesiar lain, crew masih bercampur juga namun tidak ada yang mayoritas dari satu negara.
Sehari-hari kita bisa mendengar bahasa kita sendiri, bahkan sampai bahasa daerah, baik di crew maupun passanger area, walaupun sebenarnya tidak diperbolehkan berbahasa lain selain bahasa inggris untuk berkomunikasi. Namun karena udah “bawaan orok” yah…susah dihindari. Jadi sepertinya kita berada di negara sendiri.
Aku join pertama kali dengan Holland America Line February 8, 1992, di kapal Ms. Westerdam ( old one ) – Sekarang kapalnya udah ngga ada, di jual ke perusahaan lain. Saat itu perasaan seneng banget, maklum baru pertama kali dalam hidup bisa pergi keluar negeri.
Kerjaan pertama, yah biasa jadi prajurit dulu. Jadi houseman, angkat ini itu, bersihin ini itu, disuruh sana sini. Tapi emang ngga kaget sih, kerjaan di hotel darat juga sama,
Bulan-bulan berikutnya diangkat dikit jadi sweeper ( wahhh….), terus bulan berikutnya lagi jadi bellboy. Nah bellboy di kapal beda dengan di darat. Di kapal cuma nganterin surat-surat antar departemen. Yang dibawanya ringan, kertas2 doang. Cuman jalan bolak-baliknya ama naek turunnya, lumayan buat latihan otot kaki. Kemudian setelah bellboy jadi night steward, dan kemudian naek pangkat jadi cabin steward, ngurusin sepuluh sampai lima belas kamar. Nah, jadi cabin steward baru kerasa banget enaknya bekerja di kapal pesiar. Duitnya lumayan, dan gampang lagi. Apalagi kalau bahasa inggris kita baik dan punya banyak bahan cerita atau joke untuk menghibur passenger, mereka ngga segan-segan meninggalkan tip yang lumayan di ahir cruise. Kecuali emang tamunya `medit` banget….he…..
Kontrak kedua dan tahun-tahun berikutnya aku jalani seperti biasa. Di darat tiga atau empat bulan, berangkat lagi. Pernah juga sepuluh bulan bahkan setahun di darat baru berangkat lagi.
Pelaut pasti tahu, delapan bulan atau setahun didarat……empat bulan lima bulan aja udah…..lieur..
Tahun ke sepuluh kontrak, aku mulai merasakan kejenuhan bekerja di kapal pesiar. Jenuh karena rutinitas pekerjannya, lingkungannya, suasananya, dll, dll.
Karena peraturan?. Yah…mungkin di setiap perusahaan sama, semakin besar dan berkembang, semakin berat pekerjaannya, semakin ketat peraturannya. Walau kadang dirasakan aneh dan berlebihan, peraturan baru yang di kotak katik. Tapi begitulah bekerja dengan orang lain, living under pressure.
Tahun 2008 lalu adalah kontrak aku yang ke sebelas, dan empat bulan baru berjalan , aku mengajukan pengunduran diri berhenti bekerja dari perusahaan Holland America Line.
Om ganteng emang udah ngga betah…..
“Lalu kegiatan sekarang apa om ?”
To be continued, kepanjangan juga ntar bosen bacanya……..
Thursday, February 26, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment